Abstract:
Pada kegiatan belajar mengajar dalam hal mengenal huruf abjad pada anak
menunjukkan kemampuan motorik kasar anak RA Syababul Qorib Dusun Melati
II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai masih kurang. Hal ini
terlihat dari sikap anak yang tidak respon jika kegiatan ini diberikan. Anak juga
masih malu dan kurang percaya diri.
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad
Pada Anak Melalui Kegiatan Bermain Sensori Motor Menggunakan Sand Paper.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini yang
menjadi subjek penelitian adalah anak kelompok B RA Syababul Qorib Dusun
Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini
dilakukan secara kolaborasi dengan teman sejawat, guru, dan juga kepala sekolah.
Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini dirancang dan dilakukan dengan tiga
siklus.
Hasil penelitian ini dapat terlihat dari persentase rata-rata data perkembangan
anak yang pada kondisi awal rata-rata kemampuan anak adalah sebesar 37,5 %,
pada siklus I naik menjadi 53,75 %, pada siklus II naik menjadi 58,75 % dan pada
siklus III naik lagi menjadi 86,25 %.
Simpulan penelitian ini adalah dalam penerapan pengenalan huruf abjad pada
anak Melalui Kegiatan Bermain Sensori Motor Menggunakan Sand Paper di RA
Syababul Qorib Dusun Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang
Bedagai dapat meningkatkan.