Research Repository

Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas Viii Smp Imelda Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayah, Nurul
dc.date.accessioned 2020-03-01T10:13:27Z
dc.date.available 2020-03-01T10:13:27Z
dc.date.issued 2019-09-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1302
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior therapy terhadap penurunan kecanduan game online pada siswa kelas VIII SMP Imelda Medan. Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy adalah pendekatan bimbingan dan konseling yang bertujuan mengajak individu untuk mengubah pikiran-pikiran irasionalnya ke pikiran yang rasional melalui dinamika kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan 30 pernyataan. Sampel pada penelitian ini 10 orang siswa dengan teknik purposive sampling. Hasil Perhitungan rata-rata mean skor kecanduan game online sebelum diberikan treatment adalah 97,8000 dan mean setelah diberikan treatment 53,4000. Dari hasil uji t pada tingkat penurunan kecanduan game online pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen menunjukkan asymp sig. (2-tailed) sebesar 0.000 maka sig. (2-tailed) < 0,05 atau sig. 0,000 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Berarti pendekatan rational emotive behavior therapy untuk mengurangi kecanduan game online sangat efektif. en_US
dc.subject Kecanduan Game Online en_US
dc.subject Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy en_US
dc.subject Layanan Konseling Kelompok en_US
dc.title Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas Viii Smp Imelda Medan Tahun Ajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account