dc.contributor.author |
Hidayah, Nurul |
|
dc.date.accessioned |
2020-03-01T10:13:27Z |
|
dc.date.available |
2020-03-01T10:13:27Z |
|
dc.date.issued |
2019-09-09 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1302 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan layanan
konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior therapy
terhadap penurunan kecanduan game online pada siswa kelas VIII SMP Imelda
Medan. Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy adalah
pendekatan bimbingan dan konseling yang bertujuan mengajak individu untuk
mengubah pikiran-pikiran irasionalnya ke pikiran yang rasional melalui dinamika
kelompok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen
dengan desain one-group pretest-posttest design. Instrumen penelitian
menggunakan angket dengan 30 pernyataan. Sampel pada penelitian ini 10 orang
siswa dengan teknik purposive sampling.
Hasil Perhitungan rata-rata mean skor kecanduan game online sebelum
diberikan treatment adalah 97,8000 dan mean setelah diberikan treatment
53,4000. Dari hasil uji t pada tingkat penurunan kecanduan game online pre-test
dan post-test pada kelompok eksperimen menunjukkan asymp sig. (2-tailed)
sebesar 0.000 maka sig. (2-tailed) < 0,05 atau sig. 0,000 < 0,05 jadi dapat
disimpulkan bahwa dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Berarti
pendekatan rational emotive behavior therapy untuk mengurangi kecanduan game
online sangat efektif. |
en_US |
dc.subject |
Kecanduan Game Online |
en_US |
dc.subject |
Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy |
en_US |
dc.subject |
Layanan Konseling Kelompok |
en_US |
dc.title |
Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas Viii Smp Imelda Medan Tahun Ajaran 2018/2019 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |