Research Repository

Analisis Variasi Diameter Blok Silinder Terhadap Kinerja Sepeda MotorMesin Otto 110 Cc Dengan Bahan Bakar Premium 88 Dan Pertamax 92

Show simple item record

dc.contributor.author Kesuma, Novian Akbar
dc.date.accessioned 2020-11-18T02:56:10Z
dc.date.available 2020-11-18T02:56:10Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13024
dc.description.abstract Tugas akhir ini membahas modifikasi bore up (pembesaran diameter blok silinder) dengan menggunakan blok silinder berdiameter 53,5 mm (standar) dan blok silinder modifikasi berdiameter 57 mm (variasi). Modifikasi bore up tidak terlalu rumit dalam proses pengerjaannya, hanya dibutuhkan piston dan silinder yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan, yang kemudian dilakukan pembubutan di bagian – bagian tertentu, hal itu dimaksudkan agar silinder yang lebih besar dapat masuk ke dalam rumah mesin atau crank case. Untuk mengetahui pengaruh variasi diameter blok silinder terhadap kinerja motor dengan bahan bakar premium dan pertamax, maka dilakukan penelitian terhadap motor bakar. Objek yang digunakan adalah sepeda motor 4 langkah suzuki smash 110 cc. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masing – masing blok silinder dan bahan bakar guna memperoleh perbandingan torsi, daya, konsumsi bahan bakar, dan perbandingan kompresi pada putaran mesin rata – rata 3000 – 10000 rpm, dengan menggunakan alat uji dynotest di laboratorium teknik mesin universitas muhammadiyah sumatera utara. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada putaran mesin tertinggi menujukkan nilai daya pada blok silinder modifikasi (57mm) lebih besar dibandingkan daya blok silinder standar (53,5 mm) dan pada putaran tinggi menunjukkan nilai torsi blok silinder modifikasi (57mm) lebih besar dibandingkan nilai torsi blok silinder standar (53mm) dengan bahan bakar premium, sedangkan pada bahan bakar pertamax putaran tertinggi menunjukkan nilai daya pada blok silinder modifikasi (57 mm) lebih besar dibandingkan daya blok silinder standar (53,5 mm) dan pada putaran tertinggi menunjukkan nilai torsi pada blok silinder modifikasi (57 mm) lebih besar di bandingkan torsi blok silinder standar (53,5 mm). Untuk nilai bahan bakar spesifik pada penelitian di dapatkan hasil yang variatif hampir sama antara blok silinder standar dengan blok silinder modifikasi. Dan untuk perbandingan kompresi nilai menunjukkan blok silinder modifikasi (57 mm ) lebih besar di bandingkan nilai blok silinder silinder standar (53,5 mm) en_US
dc.subject blok silinder en_US
dc.subject premium en_US
dc.subject pertamax en_US
dc.title Analisis Variasi Diameter Blok Silinder Terhadap Kinerja Sepeda MotorMesin Otto 110 Cc Dengan Bahan Bakar Premium 88 Dan Pertamax 92 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account