Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimak Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Dhawirta, Nurul Silfi
dc.date.accessioned 2020-11-18T02:54:43Z
dc.date.available 2020-11-18T02:54:43Z
dc.date.issued 2017-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13023
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimak Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017”.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Terbuka Negeri 5 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 305 siswa. Berdasarkan pengambilan sampel maka ditentukan kelas VIII-1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script, sedangkan kelas VIII-2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas yang menggunakan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes essay yaitu menyimak teks berita. Penelitian ini menggunakan uji “thitung”. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus analisis ttes. Yaitu untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan menyimak berita oleh siswa kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan. Setelah menghitung dan mengolah data dari penelitian yang dilakukan maka diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script adalah 84,94. Sedangkan menggunakan model konvensional nilai rata-rata yang diperoleh adalah 56,2. Hasil perhitungan uji hipotesis di atas diperoleh thitung = 14,73 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabeldengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk= n1+n2 – 2= atau 35+35-2=68, maka diperoleh ttabel =1,668.Dengan demikian, dapat diketahui bahwa thitung>ttabel yaitu 14,73>1,668. Maka, ha diterima dengan hipotesis yang berbunya “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimak Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.subject Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimak Berita en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimak Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Terbuka Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account