Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think
talk write terhadap kemampuan menulis surat niaga oleh siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2016-2017. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah
sebanyak 146 siswa terdiri dari empat kelas. Untuk menentukan sampel
menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu,
kelas XI-IPA 2 yang berjumlah 45 siswa dan kelas kontrol yaitu, kelas XI-IPA 1 yang
berjumlah 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen, yaitu teknik yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu.
Instrumen dalam penelitian ini berupa tes tertulis dalam bentuk lembar kegiatan
siswa. Kemampuan menulis surat niaga dengan menggunakan model pembelajaran
think talk write pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 83,82 skor tertinggi pada
kelas eksperimen.
Dengan demikian dapat dikatakan thitung > ttabel yaitu 6,83 > 1,66. Maka Ho ditolak dan
Ha diterima. Dengan hipotesis yang berbunyi ada pengaruh model pembelajaran think
talk write terhadap kemampuan menulis surat niaga oleh siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017