Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
cooperative learning terhadap kemampuan menulis teks iklan oleh siswa kelas VIII
SMP Rahmat Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Rahmat Islamiyah Medan Tahun
Pembelajaran 2016-2017.Populasi pada penelitian ini berjumlah 160 siswa.Sampel
berjumlah 78 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa
menulis teks iklan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning.
Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode eksperimen, yaitu
cara suatu penelitain yang menunjukkan pengaruh suatu model pembelajaran
terhadap hasil belajar siswa menulis teks iklan, dengan teknik ini peneliti
menggunakan harga pada ttabel sebagai langkah-langkah dalam mengelola data hasil
data yang diperoleh siswa, alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis
teks iklan.
pada kelas eksperimen dikategorikan baik diketahui oleh siswa yang paling
banyak mendapat nilai 70-80 sebanyak 20 siswa (50%), sedangkan kemampuan
menulis teks iklan pada kelas kontrol dikategorikan cukup diketahui dari siswa yang
paling banyak mendapat nilai 50-60 sebanyak 16 siswa (42,10%). Berdasarkan
perhitungan yang dilakukan dengan uji hipotesis ttabel = 1,6651 diketahui bahwa thitung
> ttabel yaitu 7,25 >1,6651 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning terhadap
kemampuan menulis teks iklan oleh siswa kelas VIII SMP Rahmat Islamiyah Medan
Tahun Pembelajaran 2016-2017.