Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode Estafet Writing
(Menulis Berantai) terhadap kemampuan menulis teks Berita oleh siswa Kelas VIII
SMP YPK Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP YPK Medan berjumlah 130 siswa terdiri dari
empat kelas. Untuk menentukan sampel menggunakan teknik random sampling
sehingga diperoleh kelas eksperimen, yaitu kelas VIII-A berjumlah 31 siswa dan
kelas control, yaitu VIII B berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan ini adalah
metode eksperimen, yaitu cara atau teknik yang digunakan untuk mencari pengaruh
perlakuan tertentu. Instrumen penelitian sebagai alat yang menjaring data dalam
penelitian ini menggunakan tes esai. Dalam bentuk lembar kegiatan siswa.
Kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan metode Estafet Writing
(Menulis Berantai) pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 79,02. Skor
tertinggi pada kelas eksperimen 27 yang dikategorikan sangat baik dan skor
terendah 20 yang dikategorikan baik. Sedangkan pada kelas control dengan nilai
rata-rata 49,46. Skor tertinggi pada kelas control 25 yang dikategorikan baik dan
skor terendah 9 yang dikategorikan kurang. Berdasarkan hasil perhitungan uji
hipotesis, diperoleh thitung =1,735 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan
harga ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05, maka di peroleh ttabel = 1,671. Dengan
demikian dapat dikatakan thitung > ttabel yaitu 1,735 > 1,671. Maka Ha diterima
dengan hipotesis yang berbunyi ada pengaruh metode Estafet Writing (Menulis
Berantai) terhadap kemampuan menulis teks berita oleh Siswa Kelas VIII SMP
YPK Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.