Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang variasi perubahan celah katup hisap dan
buang terhadap performa sepeda motor Honda new supra fit 100 CC (centimeter
cubic) menggunakan bahan bakar premium. Penyetelan katup berguna untuk
memberi life time mesin sehingga mekanisme katup bekerja maksimal dan dapat
memberikan performa engine yang optimal, Disamping itu diharapkan performa
mesin dan efisiensi bahan bakar meningkat, penelitian ini menggunakan mesin
dynotest untuk mengetahui peningkatan daya, torsi dan Sfc hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan celah katup isap dan buang 0,07 mm pada putaran
6000 rpm mengunakan daya ukur yang di hasilkan 5.3 ps, torsi ukur yang di
hasikan 0.64 kg.m dan pengunanaan bahan bakar spesifik efektif ( sfc yang paling
irit yaitu 0,264 kg/Hp.jam) sedankan menggunakan daya hitung dan tosi hitung
sebesar 0.73 ps dan 0.0138 Nm serta pengunaan sfc paling irit 0.358kg/Hp.jam.