Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis
cerpen, pada siswa kelas X MAS PAB Helvetia Medan, sebelum
mengggunakan metode image streaming, untuk mendeskripsikan keterampilan
menulis cerpen pada siswa kelas X MAS PAB Helvetia Medan, dengan
menggunakan metode image streaming dan untuk mendeskripsikan, pengaruh
penggunaan metode image streaming terhadap keterampilan menulis cerpen
pada siswa kelas X MAS PAB Helvetia Medan. Adapun metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one
group pre-test and post-test design. Metode ini digunakan karena peneliti ingin
mengetahui pengaruh metode image steaming terhadap keterampilan menulis
cerpen oleh siswa kelas X MAS PAB Helvetia Medan Pembelajaran 2016-
2017. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis
siswa kelas X SMP MAS PAB Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017
dengan menggunakan metode Image Streaming berada pada kategori cukup karena 9
orang siswa (26,47%) mendapat nilai 60. Kemampuan menulis siswa kelas X SMP
MAS PAB Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 dengan menggunakan
metode ceramah berada pada kategori cukup karena 11 orang siswa (32,35%)
mendapat nilai 60. Terdapat pengaruh yang signifikan metode Image Streaming
terhadap kemampuan menulis cerpen. Berdasarkan uji t dengan membandingkan
harga thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 5,75 > 1,665, sehingga Ha
diterima dan Ho ditolak, artinya metode Image Streaming lebih baik digunakan
dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMP MAS
PAB Helvetia Medan tahun pembelajaran 2016-2017 dibandingkan dengan metode
ceramah.