Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh model
Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2
Stabat tahun pelajaran 2019/2020. (2) seberapa besar pengaruh model Resource
Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Stabat
tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh
model Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMP
Negeri 2 Stabat tahun pelajaran 2019/2020. (2) Memperkenalkan kepada siswa
tentang proses pembelajaran dengan menggunakan model Resource Based
Learning. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2
SMP Negeri 2 Stabat tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang yaitu
11 orang siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis pennelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan rancangan pra-eksperimen tipe One Group Pretest Post test.
Instrumen penelitian menggunakan Essay test tentang System koordinat. Teknik pengumpulan data menggunakan test awal (pretest) dan tesakhir (posttest). Teknik analisis data menggnakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) uji hipotesis (uji t dan uji determinan). Dan hasil penelitian menggunakan uji t sampel berpasangan (paired sample ttest) menggunakan SPSS 16 yang menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05, juga menggunakan perhitung manual yang menghasilkan t hitung t table > dengan df = n-1, 17,087 > 2,064 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dan hasil uji Determinan yang dilakukandidapatkan sebesar 14,84%. Maka dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruhmodel pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII-2 SMP
Negeri 2 Stabat sebesar 14,84%.