Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja
peserta didik dengan pendekatan metakognitif yang valid untuk digunakan.
penelitian pengembangan ( research dan development ) ini menggunakan
pendekatan metakognitif.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan rpp dan lkpd yang
dikembanghkan ini adalah angket penilaian oleh 2 dosen ahli dan satu guru
matematika, untuk mengukur kepraktisan lkpd instrument yang digunakan adalah
angket respon siswa, dan untuk mengukur keefektifan lkpd instrument yang
digunakan adalah hasil belajar siswa setelah menggunakan lkpd dengan
pendekatan metakognitif. kevalidan rpp dan lkpd dinilai oleh para ahli dengan
skor maksimal 4 untuk setiap pernyataan.
Hasil penilaian untuk lkpd oleh validator 1 dengan rata rata 3,6, oleh validator 2
dengan rata-rata 3,4 dengan rata-rata seluruh validator 3,71 dengan persentase
96,25 dengan seluruh kriteria sangat layak.
Kepraktisan yang berdasarkan angket respon siswa dengan rata-rata 36,5 dengan
persentase 91,25% berdasarkan kriteria sangat praktis. keefektifan yang
berdasarkan dari hasil belajar siswa dengan hasil rata-rata 79,8 dengan persentase
80% dengan hasil kriteria efektif.
berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan lkpd dengan
pendekatan metakognitif pada materi sistem persamaan linier dua variabel layak
digunakan menurut hasil validasi ahli dengan data yang diperoleh.