Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way terhadap Kemampuan Membaca Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP PELITA Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Tanjung, Rezky Junita
dc.date.accessioned 2020-11-18T02:17:49Z
dc.date.available 2020-11-18T02:17:49Z
dc.date.issued 2017-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12973
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way terhadap Kemampuan Membaca Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP PELITA tahun pembelajaran 2016-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP PELITA Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 200 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang terdiri dari 100 siswa yaitu 50 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Modelling The Way dan 50 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data kemampuan membaca berita digunakan tes dalam bentuk lisan. Dalam hal ini siswa mempraktikkan dengan sangat cermat dan secara berkelompok. Setelah data analisis diketahui kemampuan membaca berita kelas VIII SMP PELITA Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada tingkat “baik” dengaan nilai rata-rata 80,25 dalam kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan membaca berita menggunakan rumus uji-t diketahui thitung =6,48. Hasil thitung diperole, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikan α = 0,05 dengan dk (n1 + n2) – 2, dk (50 + 50) – 2 = 98, maka dapat ttabel = 1,66. Oleh karena itu thitung > ttabel yaitu 6,48 > 1,66. Dengan demikian hipotesis berbunyi “Terdapat pengaruh model pembelajaran Modelling The Way terhadap kemampuan membaca berita dapat diterima”. en_US
dc.subject Modelling The Way en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way terhadap Kemampuan Membaca Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP PELITA Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account