Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Modelling The Way terhadap Kemampuan Membaca Berita oleh Siswa Kelas VIII
SMP PELITA tahun pembelajaran 2016-2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP PELITA Medan Tahun
Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 200 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan
menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang terdiri dari 100 siswa yaitu 50
siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Modelling The
Way dan 50 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data
kemampuan membaca berita digunakan tes dalam bentuk lisan. Dalam hal ini siswa
mempraktikkan dengan sangat cermat dan secara berkelompok. Setelah data analisis
diketahui kemampuan membaca berita kelas VIII SMP PELITA Medan Tahun
Pembelajaran 2016-2017 berada pada tingkat “baik” dengaan nilai rata-rata 80,25
dalam kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan membaca berita menggunakan
rumus uji-t diketahui thitung =6,48.
Hasil thitung diperole, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikan α =
0,05 dengan dk (n1 + n2) – 2, dk (50 + 50) – 2 = 98, maka dapat ttabel = 1,66. Oleh
karena itu thitung > ttabel yaitu 6,48 > 1,66. Dengan demikian hipotesis berbunyi
“Terdapat pengaruh model pembelajaran Modelling The Way terhadap kemampuan
membaca berita dapat diterima”.