Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi oleh Siswa Kelas VII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Pasaribu, Hamimah
dc.date.accessioned 2020-11-18T02:15:55Z
dc.date.available 2020-11-18T02:15:55Z
dc.date.issued 2017-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12969
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Bina Satria Medan tahun pembelajaran 2016 – 2017. Populasi penelitian ini berjumlah 126 siswa yang terdiri atas empat kelas. Dari populasi ditetapkan sampel secara random kelas untuk diteliti sebanyak 70 siswa yakni kelas VII.1 dan VII.2 masing – masing sebanyak 35 siswa. Kelompok VII.1 yang belajar menggunakan model pembelajaran picture and picture sedangkan kelompok VII.2 menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, untuk menguji hipotesis digunakan statistik komparasi. Instrumen penelitiannya berupa tes kemampuan menulis paragraf deskripsi berbentuk esai. Hipotesis dibuktikan menggunakan rumus uji t-tes. Berdasarkan hasil peneltian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis paragraf deskripsi setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran picture and picture memperoleh nilai rata-rata 74,85 termasuk dalam kategori B (baik), sementara kelompok siswa menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 66 termasuk dalam kategori C (cukup). Berdasarkan penghitungan uji-t diperoleh thitung = 2,90 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (N1 + N2 – 2)= 68 ternyata thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,90 > 1,67 sehingga hipotesis diterima. Terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Bina Satria Medan tahun pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.subject Picture and Picture terhadap Kemampuan Menulis Paragraf en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi oleh Siswa Kelas VII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account