Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
picture and picture terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi oleh siswa kelas
VII SMP Bina Satria Medan tahun pembelajaran 2016 – 2017. Populasi penelitian ini
berjumlah 126 siswa yang terdiri atas empat kelas. Dari populasi ditetapkan sampel
secara random kelas untuk diteliti sebanyak 70 siswa yakni kelas VII.1 dan VII.2
masing – masing sebanyak 35 siswa. Kelompok VII.1 yang belajar menggunakan
model pembelajaran picture and picture sedangkan kelompok VII.2 menggunakan
model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen,
untuk menguji hipotesis digunakan statistik komparasi. Instrumen penelitiannya
berupa tes kemampuan menulis paragraf deskripsi berbentuk esai. Hipotesis
dibuktikan menggunakan rumus uji t-tes. Berdasarkan hasil peneltian dapat diketahui
bahwa kemampuan menulis paragraf deskripsi setelah perlakuan menggunakan model
pembelajaran picture and picture memperoleh nilai rata-rata 74,85 termasuk dalam
kategori B (baik), sementara kelompok siswa menggunakan model pembelajaran
konvensional memperoleh nilai rata-rata 66 termasuk dalam kategori C (cukup).
Berdasarkan penghitungan uji-t diperoleh thitung = 2,90 kemudian dikonsultasikan
dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (N1 + N2 – 2)= 68 ternyata
thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,90 > 1,67 sehingga hipotesis
diterima. Terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap
kemampuan menulis paragraf deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Bina Satria Medan
tahun pembelajaran 2016-2017.