Research Repository

Evaluasi Kinerja Pelayanan Jasa Terminal Bus Kota Binjai (Studi Kasus)

Show simple item record

dc.contributor.author Munandar, Rizka
dc.date.accessioned 2020-11-18T02:15:03Z
dc.date.available 2020-11-18T02:15:03Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12968
dc.description.abstract Seiring perkembangan kegiatan perekonomian Kota Binjai menjadikan mobilitas penduduk baik yang menuju maupun keluar kota semakin meningkat pula. Perkembangan kegiatan perekonomian merupakan faktor tarikan yang membuat tingkat mobilitas penduduk yang memakai transportasi darat semakin meningkat sehingga menyebabkan kebutuhan terhadap sarana transportasi darat khususnya bus juga mengalami peningkatan. Terminal Bus Binjai sebagai prasarana transportasi menjadi sangat signifikan keberadaannya dalam mendukung permintaan moda trasnportasi bus sebagai sarana mobilitas penduduk. Oleh karena itu sangat penting mengetahui bagaimana kondisi Terminal Bus Binjai saat ini dikaitkan dengan karakteristik parkirnya dan kebutuhan luas terminal sebagai Terminal tipe A. Penelitian ini menggunakan metode survei lapangan, dengan melakukan pengamatan secara langsung di Teminal Bus Binjai melalui penyebaran surveyor pada titik-titik tertentu, guna memudahkan dalam pencatatan sehingga diperoleh data pengamatan yang valid. Pengamatan langsung dilakukan dengan pencatatan secara manual data waktu kedatangan bus, nama/jenis bus, dan jurusan-jurusan bus yang ada di Terminal Bus Binjai dan juga penyebaran kusesioner terkait kondisi fisik terminal kepada para penumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume kedatangan bus AKDP sebanyak 252 kendaraan selama 11 jam, dengan rata-rata 23 kendaraan/jam. Untuk Bus AKAP Volume kedatangan sebanyak 211 kendaraan selama 11 jam, dengan rata-rata 19 kendaraan/jam. Volume parkir tertinggi yang terjadi sebanyak 17 bus, dan durasi parkir terlama sebesar 62 menit. Sementara itu Terminal Bus Binjai tergolong terminal di bawah standar sesuai dengan Pasal 2 Bab II Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor 31 Tahun 1995 tentang Terminal Transportasi Jalan, dikarenakan fasilitas-fasilitas yang ada di terminal sangat minim en_US
dc.subject Teminal Bus Binjai en_US
dc.subject Evaluasi Kinerja en_US
dc.title Evaluasi Kinerja Pelayanan Jasa Terminal Bus Kota Binjai (Studi Kasus) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account