Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menceritakan Tokoh Idola oleh Siswa Kelas VII MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author S, Fitri
dc.date.accessioned 2020-11-18T02:13:54Z
dc.date.available 2020-11-18T02:13:54Z
dc.date.issued 2017-10-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12966
dc.description.abstract Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Dalam pelajaran bahasa indonesia, terdapat empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa. Salah satu keterampilan bahasa yang dipelajari sebelum memasuki sekolah serta digunakan untuk komunikasi dan menyampaikan wawasan secara lisan adalah berbicara. Salah satu standar kompetensi di kelas VII adalah berbicara dan salah satu kompetensi dasar dari berbicara adalah menceritakan tokoh idola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), untuk mengetahui penggunaan metode ceramah terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola oleh siswa kelas VII MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Tujuan akhir penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola oleh siswa kelas VII Mts Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan. Populasi penelitian ini berjumlah 156 siswa dan sampel diambil dengan menggunakan teknik probability sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII-1 berjumlah 40 siswa dan kelas VII-3 berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara suatu penelitian yang menunjukkan pengaruh suatu metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa menceritakan tokoh idola, dengan teknik ini peneliti menggunakan harga pada Ttabel sebagai langkah-langkah dalam mengelola hasil data yang diperoleh siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan. Hasil penelitian yang dihitung menggunakan uji hipotesis, dapat diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa menceritakan tokoh idola yang diajarkan menggunakan model teams games tournament dan menggunakan metode ceramah. en_US
dc.subject Teams Games Tournament (TGT) en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Menceritakan Tokoh Idola oleh Siswa Kelas VII MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account