Abstract:
Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap
jenjang pendidikan. Dalam pelajaran bahasa indonesia, terdapat empat keterampilan
berbahasa yang harus dikuasai siswa. Salah satu keterampilan bahasa yang dipelajari
sebelum memasuki sekolah serta digunakan untuk komunikasi dan menyampaikan
wawasan secara lisan adalah berbicara. Salah satu standar kompetensi di kelas VII
adalah berbicara dan salah satu kompetensi dasar dari berbicara adalah menceritakan
tokoh idola.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang
signifikan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), untuk
mengetahui penggunaan metode ceramah terhadap kemampuan menceritakan tokoh
idola oleh siswa kelas VII MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun
Pembelajaran 2016-2017. Tujuan akhir penelitian ini adalah penggunaan model
pembelajaran teams games tournament terhadap kemampuan menceritakan tokoh
idola oleh siswa kelas VII Mts Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun
Pembelajaran 2016-2017.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung
Medan. Populasi penelitian ini berjumlah 156 siswa dan sampel diambil dengan
menggunakan teknik probability sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai
sampel yaitu kelas VII-1 berjumlah 40 siswa dan kelas VII-3 berjumlah 40 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara
suatu penelitian yang menunjukkan pengaruh suatu metode pembelajaran terhadap
hasil belajar siswa menceritakan tokoh idola, dengan teknik ini peneliti menggunakan
harga pada Ttabel sebagai langkah-langkah dalam mengelola hasil data yang diperoleh
siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan.
Hasil penelitian yang dihitung menggunakan uji hipotesis, dapat diperoleh
simpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa
menceritakan tokoh idola yang diajarkan menggunakan model teams games
tournament dan menggunakan metode ceramah.