Abstract:
Penelitian ini pengaruh teknik pemodelan terhadap kemampuan menulis teks
wawancara oleh siswa kelas VIIISMP Negeri 06 Medan tahun pembelajaran 2016-
2017. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 06 Medan. Populasi seluruh siswa
kelas VIII berjumlah 360 siswa. Populasi yang dijadikan sampel adalah kelas VIII A
ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas VIII B
sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 orang. Metode yang digunakan dalam
penelitian yaitu metode eksperimen. Instrumen tes tulis. Hasil penelitian ini
diperoleh nilai menggunakan cara konvensional oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 06
Medan tahun pembelajaran 2016-2017. Siswa yang memperoleh nilai 80-100 sangat
baik sebanyak 2 orang ( 05,55% ), siswa yang memperoleh nilai 66-79 baik sebanyak
12 orang (33,33%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 cukup sebanyak 11 orang (
30,55% ), siswa yang memperoleh nilai 40-55 sebanak 8 orang (22,22%), dan siswa
yang memperoleh nilai <39 sebanyak 3 siswa (08,33%) . Nilai menggunakan teknik
pemodelan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 06 Medan tahun pembelajaran 2016-
2017. Siswa yang memperoleh nilai 80-100 sangat baik sebanyak 22 orang ( 61,11%
) dan siswa yang memperoleh nilai 66-79 baik sebanyak 10 orang ( 38,89% ).
Selanjutnya mulai pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu (5,07 > 1,676).
Dengan demikian hipotesis berbunyi terdapat “ Pengaruh model pembelajaran teknik
pemodelan terhadap kemampuan menulis teks wawacara oleh siswa SMP Negeri 06
Medan tahun pembelajaran 2016-2017”.