Research Repository

“Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menemukan Pokok-Pokok Isi Sambutan oleh Siswa Kelas XI SMA Rahmad Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017”.

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Gita Purnama
dc.date.accessioned 2020-11-18T01:56:07Z
dc.date.available 2020-11-18T01:56:07Z
dc.date.issued 2017-05-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12950
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran cooperative integrated, reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan oleh siswa kelas XI SMA Rahmad Islamiyah Medan tahun pembelajara 2016-2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Rahmad Islamiyah Medan dengan populasi 90 siswa yang terdiri dari 2 kelas dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian. XI-1 dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI-2 dijadikan sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan berganda. Kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated, reading and composition (CIRC) pada kelas eksperimen sangat baik karena 19 orang (42%) mencapai interval 80-100, sedangkan kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan dengan menggunakan model konvensional adalah 16 orang (36%) mencapai interval 20-45. Berdasarkan uji t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dianjurkan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated, reading and composition (CIRC) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggun akan model konvensional dalam kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan oleh siswa kelas XI SMA Rahmad Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 69,18 > 1,66 dengan membandingkan nilai t hitung dengan t tabel diperoleh thitung > ttabel yaitu 69,18 > 1,66. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran cooperative integrated, reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan menemukan pokok-pokok isi sambutan oleh siswa kelas XI SMA Rahmad Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran cooperative integrated, en_US
dc.subject reading and composition (CIRC) en_US
dc.title “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menemukan Pokok-Pokok Isi Sambutan oleh Siswa Kelas XI SMA Rahmad Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017”. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account