Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi
menggunakan media gambar oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 04 Medan
Tahun Pembelajaran 2016-2017, untuk mengetahui kemampuan menulis puisi
menggunakan metode ceramah oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 04
Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 dan untuk mengetahui pengaruh media
gambar terhadap kemampuan menulis puisi oleh Siswa Kelas VII SMP
Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Metode ini digunakan karena peneliti ingin mengetahui Pengaruh media gambar
terhadap Kemampuan menulis puisi oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 04
Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Rata-rata kemampuan
menulis siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2016-
2017 dengan menggunakan media gambar adalah 5,84. Rata-rata kemampuan
menulis siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2016-
2017 dengan menggunakan metode konvensional adalah 5,52. Kemampuan menulis
siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017
dengan menggunakan media gambar berada pada kategori cukup karena 7 orang
siswa (28,00%) mendapat nilai 6. Kemampuan menulis siswa Kelas VII SMP
Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 dengan menggunakan
metode konvensional berada pada kategori kurang sekali karena 7 orang siswa
(28,00%) mendapat nilai kurang dari 5 Terdapat pengaruh yang signifikan media
gambar terhadap kemampuan menulis puisi. Berdasarkan uji t dengan
membandingkan harga thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 7,286 > 2,011,
sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya media gambar lebih baik digunakan
dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa Kelas VII SMP
Muhammadiyah 04 Medan tahun pembelajaran 2016-2017 dibandingkan dengan
metode konvensiona