Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Kemampuan Menuliskan Kembali Cerita Anak yang Dibaca oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Husnayani
dc.date.accessioned 2020-11-18T01:54:05Z
dc.date.available 2020-11-18T01:54:05Z
dc.date.issued 2017-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12947
dc.description.abstract Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan menuliskan kembali cerita anak yang dibaca oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 430 siswa tersebar di 11 kelas. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik random sampling dan terpilih kelas VII- 5 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-6 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa tes esai yaitu menuliskan kembali cerita anak. Berdasakan analisis data diperoleh kemampuan menuliskan kembali cerita anak kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata pada kategori baik sekali yaitu 83,32, dan kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata pada kategori baik 76,82. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji t diperoleh thitung > ttabel atau 3,23 > 1,99. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model talking stick terhadap kemampuan menuliskan kembali cerita anak oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.subject Talking Stick terhadap Kemampuan Menuliskan Kembali Cerita Anak en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Kemampuan Menuliskan Kembali Cerita Anak yang Dibaca oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account