Research Repository

Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar dalam Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Deny Dana
dc.date.accessioned 2020-11-18T01:51:24Z
dc.date.available 2020-11-18T01:51:24Z
dc.date.issued 2017-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12945
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar dalam Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2016- 2017. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 360 siswa yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan sistem acak atau random sampling, setelah random sampling dilakukan terpilihlah 2 kelas yaitu kelas VII-9 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-10 berjumlah 39 siswa sebagai kelas Kontrol. Jadi, keseluruhan sampel dari 2 kelas berjumlah 72 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian yang diakukan untuk melihat apakah ada perbedaan perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen peneliti menggunakan model induktif kata bergambar, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model picture and picture. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yaitu berupa tes kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model induktif kata bergambar. Hasil penelitian berdasarkan persentase peringkat kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model induktif kata bergambar. Persentase 72,6% dengan nilai kategori baik. Artinya kemampuan siswa berada pada tingkat baik. Sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model picture and picture 23.1% dengan nilai kategori kurang. Artinya kemampuan siswa pada tingkat kurang. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung 9,31. Selanjutnya thitung dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (N1 + N2) – 2 = 70, diperoleh harga ttabel = 1,66, berarti thitung> ttabel 9,31 >1,66. Dengan demikian, hipotesis berbunyi ada Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar dalam Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.subject Induktif Kata Bergambar en_US
dc.title Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar dalam Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account