Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar dalam Kemampuan Menulis Teks
Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2016-
2017. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun
pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 360 siswa yang terdiri dari 10 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan sistem acak atau random sampling, setelah
random sampling dilakukan terpilihlah 2 kelas yaitu kelas VII-9 berjumlah 33 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-10 berjumlah 39 siswa sebagai kelas Kontrol.
Jadi, keseluruhan sampel dari 2 kelas berjumlah 72 siswa.
Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian yang
diakukan untuk melihat apakah ada perbedaan perlakuan yang diberikan kepada kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen peneliti menggunakan model
induktif kata bergambar, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model picture
and picture. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yaitu berupa tes kemampuan
menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model induktif kata bergambar.
Hasil penelitian berdasarkan persentase peringkat kemampuan menulis teks
eksplanasi dengan menggunakan model induktif kata bergambar. Persentase 72,6%
dengan nilai kategori baik. Artinya kemampuan siswa berada pada tingkat baik.
Sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model picture
and picture 23.1% dengan nilai kategori kurang. Artinya kemampuan siswa pada
tingkat kurang.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung 9,31. Selanjutnya
thitung dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (N1 +
N2) – 2 = 70, diperoleh harga ttabel = 1,66, berarti thitung> ttabel 9,31 >1,66. Dengan
demikian, hipotesis berbunyi ada Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar dalam
Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 38 Medan
Tahun Pembelajaran 2016-2017.