Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh yang
signifikan melalui menonton sinetron terhadap kemampuan menulis naskah drama
oleh siswa kelas XI SMA Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak tahun pelajaran 2017-
2018.
penelitian ini dilaksanakan di XI SMA Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak.
Jumlah siswa 35 siswa yang menjadi sampel penelitian ini untuk mengetahui
kemampuan Menulis Naskah Drama oleh siswa kelas XI SMA Tarbiyah Islamiyah
Hamparan perak tahun pelajaran 2017-2018.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Metode deskriptif dilakukan dengan maksud melihat akibat dari suatu perilaku.
Metode ini digunakan karena penelitian ingin Pengaruh Menonton Televisi Sinetron
terhadap Menulis Naskah Drama oleh siswa Kelas XI SMA Tarbiyah Islamiyah
Hamparan Perak Tahun Pembelajran 2017/2018.
Antara menonton sinetron dengan kemampuan menulis naskah drama oleh
siswa kelas XI SMA Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajran
2017/2018 sangat berpengaruh. Hal ini dibuktikan dari hasil test menulis kreatif
naskah drama yang diberikan serta angket mengenai kegiatan menonton sinetron
yang diisi. Dari test tersebut terlihat bahwa siswa yang menyukai sinetron dan sering
menonton lebih mampu menulis naskah drama dengan baik. Siswa yang biasa
menonton sinetron mendapat nilai 70 hingga 95 dan telah mencapai KKM yang
ditentukan sekolah. Yakni 70 sedangkan siswa yang tidak sering bahkan tidak pernah
menonton sinetron mendapat nilai antara 35 hingga 69 dan belum mencapai KKM
yang ditentukan sekolah.