Abstract:
Di era globalisasi, media
massamemilikiperanpentinguntukmenyampaikanberita,
sertaberbagaiinformasikepadamasyarakatluas. Dengandemikian,iklan yang
ditayangkanditelevisisebagaisaranauntukpemasaranproduk-produk yang dihasilkan.
Gaya bahasa yang menarikakanmembuatkonsumenmengenal, mencoba,
danmengonsumsibarang yang ditawarkan. Tujuanpenelitianiniuntuk
mendeskripsikanmaknagayabahasaiklanproduk PT Unilever Indonesia
Jenispenelitianiniadalahpenelitiankualitatif.Metode yang
digunakandalampenelitianinimenggunakanmetodedeskriptif.Sumber data
padapenelitianiniadalahIklanProduk PT Unilever Indonesia, data penelitianiniyaitu
Gaya BahasaIklanProduk PT Unilever Indonesia.Instrumen yang
digunakandalampenelitianiniadalahstudidokumentasi.
Setelah data dianalisis diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat 15
gaya bahasa yang terdapat dalam iklan produk PT Unilever Indonesia. Gaya bahasa
itu meliputi metafora, metominia, smile, personifikasi, sinekdok pars pro toto,
hiperbola, paradoks, klimaks, antiklimaks, repetisi, paralelisme, aliterasi, elipsis,
ironi, dan retoris yang terdapat dalam iklan produk PT Unilever Indonesia.