Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis daftar pustaka
siswa kelas VII SMP Medan Tahun Pelajaran 2017-2018.
Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Pelita Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Pelita tahun Pembelajaran
2017-2018 yang terdiri dari atas 4 paralel yaitu kelas VII-A, VII-B, VII-C dan VII-D,
dengan jumlah siswa lebih kurang 200 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik
random sampling terpilihlah kelas VII-C sebagai sampel penelitian dengan jumlah 50
siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode yang
digunakan untuk mengungkap fakta yang jelas tentang gejala-gejala yang ada pada suatu
objek penelitian.
Berdasarkan tes, kemampuan siswa dalam dalam menulis daftar pustaka berdasarkan
penilaian acuan normatif dan penilaian acuan patokan adalah sebagai berikut: dari 50
orang siswa, sebanyak 18 siswa (36%) mendapatkan nilai > 65 dengan nilai rata-rata
kemampuan 56,83 . Dengan demikian kemampuan menulis daftar pustaka oleh siswa
kelas VII-C SMP Swasta Pelita Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 termasuk dalam
kategori sedang.