Abstract:
Masalah penelitian ini adalah siswa kurang mampu mengonversi teks
observasi menjadi puisi yang disebabkan oleh kurang menariknya dan tidak
efektifnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning
terhadap kemampuan mengonversi teks observasi menjadi puisi oleh siswa kelas X
SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran
2016-2017 berjumlah 62 orang yang terdiri dari 2 kelas. 48 orang kelas X-MS2
sebagai kelas eksperimen dan 14 orang kelas X-MS1 sebagai kelas kontrol. Metode
yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain post-test only control
design dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes esai.
Kemampuan mengonversi teks observasi menjadi puisi oleh siswa kelas X SMA
Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 dengan menggunakan
model project based learning pada kelas eksperimen berada pada kategori baik
karena 15 siswa (31,25%) mendapatkan interval nilai 66-79, sedangkan kemampuan
mengonversi teks observasi menjadi puisi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1
Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 dengan menggunakan model konvensional
pada kelas kontrol berada pada kategori kurang karena 5 siswa (35,7%) mendapat
interval nilai 40-54. Berdasarkan uji-t diperoleh t
hitung
> t
tabel
yaitu 2,205 > 2,000.
Dengan demikian H
0
ditolak dan H
a
diterima yang berarti ada pengaruh model
project based learning tehadap kemampuan mengonversi teks observasi menjadi
puisi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016-
2017.