Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Televisi “Bocah
Pejuang” Trans Tv terhadap Kemampuan Menulis Cerita oleh Siswa Kelas VII SMP
Swasta Bandung Tahun Pembelajaran 2017-2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Bandung
Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 60 orang yang terdiri atas dua kelas
dengan ketentuan kelas VII1 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima
pembelajaran menggunakan media tayangan video televisi “Bocah Pejuang” Trans Tv
sedangkan kelas VII2 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerima pembelajaran
tanpa menggunakan media tayangan video tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu
penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab
adanya perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu tes esai dengan posttests-only control design.
Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis cerita
menggunakan media video tayangan televisi “Bocah Pejuang” Trans Tv memperoleh
nilai rata-rata 85,02 termasuk dalam kategori baik sekali dan kemampuan menulis
cerita tanpa menggunakan media video tayangan televisi “Bocah Pejuang” Trans Tv
memperoleh nilai rata-rata 66,87 termasuk dalam kategori baik.
Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian pada
taraf α = 0,05 maka di peroleh thitung > ttabel yaitu 9,11 > 1,66 sehingga alternatif (Ha)
pada penelitian ini terbukti kebenarannya dan diterima. Dapat disimpulkan terdapat
pengaruh yang signifikan media televisi “Bocah Pejuang” Trans Tv terhadap
kemampuan menulis cerita siswa kelas VII SMP Swasta Bandung Tahun
Pembelajaran 2017-2018.