Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran
course review horay terhadap kemampuan menulis informasi nonverbal ke dalam
verbal oleh siswa kelas X SMK Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Budisatrya Medan Tahun
Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 110 orang yang tersebar di 3 kelas. Untuk
menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik random kelas dan terpilih kelas XAK 2 yang berjumlah 35 orang untuk kelas eksperimen dan X-AK 1 yang berjumlah
35 untuk kelas kontrol .Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Kelompok
yang diberikan pembelajaran menulis informasi nonverbal ke dalam verbal dengan
menggunakan model pembelajaran course review horay adalah kelas eksperimen dan
kelompok yang diberi pembelajaran menulis informasi nonverbal ke dalam verbal
dengan menggunakan model konvensional adalah kelas kontrol.Adapun hasil tes
kelas yaitu nilai tertinggi kelas eksperimen adalah 94, nilai terendah kelas eksperimen
adalah 55, dan rata-ratanya adalah 81,26. Nilai tertinggi di kelas kontrol adalah 83,
nilai terendah di kelas kontrol adalah 44, dan rata-rata nilai 67,13.Berdasarkan hasil
perhitungan uji hipotesis, thitung diperoleh, selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel
pada taraf signifikan 𝛼 = 0,05 dengan dk = N1 + N2 – 2 = 68 didapatkan ttabel = 1,66
dengan demikian thitung >ttabel yaitu 6,16 >1,66 maka Ha diterima dengan hipotesis
yang berbunyi “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap
Kemampuan Menulis Informasi Nonverbal ke dalam Verbal oleh Siswa Kelas X
SMK Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.”