Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar
matematika siswa pada pokok bahasan Perbandingan kelas VII-B MTs Negeri 1
Singkil T.P 2016/2017 dengan menggunakan model Everyone is a Teacher Here?.
(2) Untuk mengetahui Apakah penerapan model Everyone is a Teacher Here dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Perbandingan
kelas VII-B MTs Negeri 1 Singkil T.P 2016/2017?. Instrumen yang digunakan
adalah tes. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk uraian sebanyak
3 tes yaitu tes awal, tes siklus I, tes siklus II. Yang masing-masing terdiri dari 4, 3
dan 5 soal. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-B di MTs Negeri 1 Singkil T.P
2016/2017 yang berjumlah 27 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan
menggunakan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here untuk meningkatkan
hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini dari 27 orang siswa pada siklus I 9
siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 33,33% pada siklus I ini
yang menjadi tujuan penelitian ini belum tercapai dan harus dilanjutkan pada siklus
II. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 20 siswa yang
mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 74,07% pada siklus II ini yang menjadi tujuan
penelitian ini sudah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
Everyone is a Teacher Here pada pokok bahasan Perbandingan terjadi peningkatan
hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-B di MTs Negeri 1 Singkil T.P
2016/2017.