Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada
peningkatan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Team Quiz pada siswa SMP Muhammadiyah 03 Medan T.P
2016/2017”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan
motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team
Quiz pada siswa SMP Muhammadiyah 03 Medan T.P 2016/2017. Objek dalam
penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika
Menggunakan Model Pembelajaran Team Quiz pada materi Lingkaran pada siswa
kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 03 medan T.P 2016/2017. Instrumen yang
digunakan adalah observasi. Observasi digunakan untuk menghasilkan perubahan
siswa. Dari hasil penelitian siklus I dapat di lihat dari 38 siswa diperoleh hasil
observasi motivasi seluruh siswa hanya 1.47 dengan kategori kurang , pada siklus II
dapat di lihat dari 38 siswa diperoleh hasil observasi motivasi seluruh siswa adalah
2.08 dengan kategori cukup dan pada siklus III dapat di lihat dari 38 siswa diperoleh
hasil observasi motivasi seluruh siswa adalah 2.32 dengan kategori baik. Dari
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Team Quiz dapat
meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada materi Lingkaran.