Research Repository

Analisis Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Swasta Budisatrya Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Tyara, Shendy
dc.date.accessioned 2020-11-17T09:19:18Z
dc.date.available 2020-11-17T09:19:18Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12883
dc.description.abstract Pola pengajaran yang selama ini digunakan guru belum mampu membantu siswa dalam menyelesaikan soal – soal berbentuk masalah, mangaktifkan siswa dalam belajar, memotivasi siswa untuk mengemukan ide atau pendapat mereka, dan bahkan para siswa masih enggan untuk bertanya pada guru jika mereka belum paham terhadap materi yang disajikan guru. Disamping itu juga, guru senantiasa dikejar oleh target waktu untuk menyelesaikan setiap pokok bahasan tanpa memperhatikan kompetensi yang dimiliki siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah belajar matematika menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa SMK Swasta Budisatrya Medan T.P 2016/2017 Efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa. Dari hasil penelitian analisis keefektifan, dalam indicator Ketuntasan Belajar matematika menunjukkan bahwa, ketuntasan belajar klasikal siswa berkisar 87.17 %dan berada pada kategori Sangat Tuntas. Dari indicator Aktivitas Belajar Siswa menunjukkan bahwa, pada pertemuan pertama persentase aktivitas belajar siswa adalah 67,2% dan dengan kategori Aktif, pada pertemuan kedua, persentase aktivitas belajar siswa adalah 68,9% dan dengan kategori Aktif, pada pertemuan ketiga persentase aktivitas belajar siswa adalah 72,2%, sedangkan pada pertemuan keempat persentase aktivitas belajar siswa adalah 78,8%. Dari indicator Kemampuan Guru dalam Mengelola Pembelajaran menunjukkan bahwa, pada pertemuan pertama persentase dari skor yang diperoleh adalah75% dan berada padaka tegori Baik, pada pertemuan kedua, persentase dari skor yang diperoleh adalah 83,3% dan berada pada kategori Baik, pada pertemuan ketiga, persentase dari skor yang diperoleh adalah 87,5% dan berada pada kategori Baik, Sedangkan pada pertemuan keempat, persentase dari skor yang diperoleh adalah 91% dan berada pada kategori Sangat Baik. Dari indicator Respon Siswa menunjukkan bahwa, pada pertemuan pertama persentase respon siswa adalah 79% dan dengan kategori direspon Positif, pada pertemuan kedua, persentase respon siswa adalah 81% dan dengan kategori direspon Positif, pada pertemuan ketiga, persentase respon siswa adalah 87% dan dengan kategori direspon Positif, sedangkan pada pertemuan keempat, persentase respon siswa adalah 92% dan dengan kategori direspon Positif. Berdasarkan rincian hasil penelitian diatas, maka belajar matematika menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa SMK Swasta Budisatrya Medan T.P 2016/2017 Efektif pada materi matriks ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa. en_US
dc.title Analisis Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Swasta Budisatrya Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account