Abstract:
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah dengan penerapan Model
Induktif dapat meningkatkan Kreatifitas Siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2016/2017.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengukur tingkat Kreativitas siswa
yaitu menetahui peningkatan kreativitas belajar matematika siswa. Teknik dan alat
melalui Observasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-I
MtS Islamiyah Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 30 orang yang terdiri Dari 19
Laki-laki dan 11 perempuan penelitian ini dilakukan dilakukan dengan 3 siklus yaitu
siklus I, siklus II, siklus III. Setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu:
Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan Refleksi. Data peningkatan siswa yang
diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Hasil observasi
kreativitas belajar matematika siswa pada siklus I diperoleh persentase 56,73%
dikategorikan cukup, pada siklus II persentase menjadi 67,00% dikategorikan cukup.
Sampai pada siklus III meningkat persentase menjadi 80,00% dikategorikan baik.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model
induktif dapat meningkatkan kreativitas pada siswa MTs Islamiyah Medan dikelas
VII-I T.P 2016/2017.