Research Repository

Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Solving Pada Siswa SMP Negeri 42 Medan T.P 2016/2017.

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Dara Ragil
dc.date.accessioned 2020-11-17T09:18:04Z
dc.date.available 2020-11-17T09:18:04Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12880
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses belajar matematika menggunakan model Problem Solving pada siswa SMP Negeri 42 Medan T.P 2016/2017 Efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru, dan respon siswa. Dari hasil penelitian analisis keefektifan, dalam indikator ketuntasan belajar matematika menunjukkan bahwa, pada hasil pretest berkisar 55.8% dan berada pada kategori tidak tuntas sedangkan pada hasil posttest berkisar 80.5% dan berada pada kategori tuntas. Dari indikator aktivitas siswa menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama persentase aktivitas siswa adalah 70% dan berada pada kategori aktif, pada pertemuan kedua persentase aktivitas siswa adalah 72% dan berada pada kategori aktif, pada pertemuan ketiga persentase aktivitas siswa adalah 77% dan berada pada kategori aktif, dan pada pertemuan keempat persentase aktivitas siswa adalah 80% dan berada pada kategori aktif. Dari indikator kemampuan guru menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama persentase kemampuan guru adalah 80% dan berada pada kategori baik, pada pertemuan kedua persentase kemampuan guru adalah 83% dan berada pada kategori baik, pada pertemuan ketiga persentase kemampuan guru adalah 88% dan berada pada kategori sangat baik, dan pada pertemuan keempat persentase kemampuan guru adalah 95% dan berada pada kategori sangat baik. Dari indikator respon siswa menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama persentase respon siswa adalah 70% dan berada pada kategori cukup positif, pada pertemuan kedua persentase respon siswa adalah 78% dan berada pada kategori cukup positif, pada pertemuan ketiga persentase respon siswa adalah 81% dan berada pada kategori positif, dan pada pertemuan keempat persentase respon siswa adalah 85% dan berada pada kategori positif. Berdasarkan rincian hasil penelitian diatas, maka belajar matematika menggunakan model Problem Solving pada siswa SMP Negeri 42 Medan T.P 2016/2017 EFEKTIF pada materi kubus dan balok ditinjau dari dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru, dan respon siswa. en_US
dc.subject Model Problem Solving en_US
dc.subject Keefektifan Belajar en_US
dc.title Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Solving Pada Siswa SMP Negeri 42 Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account