Research Repository

Upaya meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Siswa SMK Harapan Mekar 2 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Pulungan, Muhammad Syahriandi
dc.date.accessioned 2020-11-17T09:17:28Z
dc.date.available 2020-11-17T09:17:28Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12878
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan penalaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa?Apakah model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa? Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematika dengan menggunakan model pembelajaranAuditory Intellectually Repetition (AIR). Untuk mengetahui Apakah model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Harapan Mekar 2 Medan yang berjumlah 30 orang, dengan jumlah siswa 2 orang dan jumlah siswi 28 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat kemampuan penalaran matematika siswa yaitu berbentuk uraian yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, sedangkan observasi digunakan untuk melihat indikator kemampuan penalaran matematika siswa dalam mengerjakan tes. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan Matriks dengan hasil tes awal 20% dan pada siklus I meningkat menjadi 40% dan pada siklus II menjadi 60% dan pada siklus III menjadi 90% atau ditinjau dari tingkat ketuntasan penalaran maka dari hasil tes awal diperoleh 24 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 dan pada siklus I diperoleh menjadi 18 siswa dan pada siklus II menjadi 12 siswa dan pada siklus III menjadi 3 siswa. Dan dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes kemampuan awal memperoleh 80% dan siklus I 60% dan siklus II 40% dan siklus III 10%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas X administrasi Perkantoran SMK Harapan Mekar 2 Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Kemampuan Penalaran Matematika en_US
dc.subject Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) en_US
dc.title Upaya meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Siswa SMK Harapan Mekar 2 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account