Research Repository

Perbandingan Kinerja Dua Trayek Angkutan Kota Di Wilayah Kota Padangsidimpuan (Studi Kasus)

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayat, Taufik
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:53:07Z
dc.date.available 2020-11-17T08:53:07Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12874
dc.description.abstract Angkutan umum perkotaan sebagai salah satu bagian dari transportasi perkotaan merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat kota dan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan kota pada umumnya. Angkutan umum dikatakan memiliki kinerja yang baik apabila angkutan tersebut mampu memberikan pelayanan yang efektif dan efisien.Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kinerja angkutan kota ditinjau dari tingkat efektifitas dengan parameter kerapatan, kecepatan rata-rata, headway. Sedangkan tingkat efisiensi pelayanan diidentifikasi dengan parameter tingkat operasional atau waktu tunggu dan faktor muat penumpang dengan mengacu kepada standard parameter kinerja angkutan perkotaan menurut SK Dirjen No 687 Tahun 2002 dan standard World Bank. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan dua data yaitu data primer dan data sekunder. Pengambilan data primer dilakukan dengan survey langsung dilapangan secara statis, pengambilan data sekunder juga diperoleh dari instansi terkait, proses pengolahan dan penyajian data dilakukan dengan perangkat lunak (software) yaitu Microsoft Excel. Berdasarkan hasil penelitian didapat kecepatan rata-rata yaitu angkutan trayek 01sebesar 14,16 km/jam dan angkutan trayek 02 sebesar 12 km/jam. Ratarata headway 1,38 menit pada angkutan trayek 01 dan 1,40 menit pada angkutan trayek 02. Waktu tunggu rata-rata angkutan trayek 01 adalah 1.35 menit dan waktu tunggu rata-rata untuk angkutan trayek 02 adalah 1.32menit. Kerapatan rata-rata adalah 8,64 kend/km untuk angkutan trayek 01 dan 7,72 kend/km untuk angkutan trayek 02. Rata-rata load factor untuk angkutan trayek 01 adalah 25,58% dan load factor untuk angkutan trayek 02 adalah 30,98%. Berdasarkan parameter kinerja angkutan umum perkotaan menurut World Bank dan SK Dirjen No 687 Tahun 2002 untuk parameter kecepatan rata-rata, headway, waktu tunggu, kerapatan, maka perbandingan angkutan trayek 01dan angkutan trayek 02, belum dapat dikatakan baik dan efisien karena belum dapat memenuhi standar yang di tetapkan, begitu juga dengan load factor, karna masih jauh dibawah standar yang ada yaitu sebesar 70%. en_US
dc.subject Kinerja angkutan umum en_US
dc.subject Angkutan kota en_US
dc.title Perbandingan Kinerja Dua Trayek Angkutan Kota Di Wilayah Kota Padangsidimpuan (Studi Kasus) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account