Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model
pembelajaran make a match terhadap hasil belajar matematika pada siswa Mts
Islamiyah Medan T.P 2016/2017 ? (2) Berapa persen pengaruh model pembelajatan
make a match terhadap hasil belajar matematika pada siswa Mts Islamiyah Medan
T.P 2016/2017 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar matematika pada siswa Mts
Islamiyah Medan T.P 2016/2017.(2) Untuk mengetahui berapa persen pengaruh
model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar matematika pada siswa Mts
Islamiyah Medan T.P 2016/2017. Tekhnik dan alat pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes. Dan yang menjadi populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 32 siswa. Dan kelas VII-2
berjumlah 32 siswa. Tes yang dgunakan tes tertulis berbentuk uraian 10 soal.
Berdasarkan analisis data untuk kelas eksperimen adalah.Dari hasil penelitian
diperoleh t hitung > t tabel yaitu 7,85 > 2,04 maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar
matematika pada siswa Mts Islmiyah Medan T.P 2016/2017. Dan besarnya pengaruh
penggunaan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar matematika
siswa adalah 75,5 % dan sisanya sebesar 24,5 % dipengaruhi oleh faktor lain.