Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan
menggunakan model Pair Checks efektif digunakan terhadap hasil matematika siswa
MTs. Al-Mushlihin Binjai T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
keefektifan pembelajaran dengan menggunakan model Pair Checks terhadap hasil
belajar matematika siswa MTs. Al-Mushlihin Binjai. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa MTs. Al-Mushlihin Binjai sedangkan yang menjadi sampel
adalah siswa MTs. Al-Mushlihin Binjai kelas VII-B dan VII-C yang masingmasingnya berjumlah 40 orang, dimana VII-B sebagai kelas eksperiman dan VII-C
sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah tes, dimana tes
tersebut berbentuk uraian bebas. Sedangkan untuk untuk mengumpulkan data hasil
belajar matematika diambil dari nilai tes siswa.. Nilai rata-rata dengan menggunakan
model Pair Checks pada nilai pre-test 56,92 dan pada nilai post-test 81,4. Standart
deviasi pada nilai pre-test 17,92 dan pada niali post-test 8,87. Uji t diperoleh thitung =
4,453 pada taraf nyata 0,05 dengan n = 40 didapat harga ttabel = 1,991 sehingga
diperoleh thitung > ttabel atau 4,453 > 1,1991, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uji gain
yang telah dilakukan didapat sebesar 53%. Berdasarkan kriteria uji gain, maka kelas
eksperimen berada pada kriteria sedang. Sementara untuk kelas kontrol yang
menggunakan Model Konvesional, mengalami peningkatan sebesar 33 % atau berada
di kriteria sedang. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan Model Pair
Checks memiliki efektivitas yang lebih baik terhadap hasil belajar matematika siswa
MTs. Al-Mushlihin Binjai T.P 2016/2017.