Research Repository

Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Belajar Matematika pada Siswa SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Tri Puspita
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:43:13Z
dc.date.available 2020-11-17T08:43:13Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12858
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 ? (2) Berapa persen pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 ? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 ? (2) Untuk mengetahui berapa persen pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 ? Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada kelas eksperimen dan menggunakan metode Konvensional pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal semester genap T.P 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen 30 siswa di kelas VIII-1 sedangkan untuk di kelas kontrol 30 siswa di kelas VIII-2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan uji hipotesis (uji-t) yaitu harga thitung = 4,624 setelah dibandingkan dengan ttabel = 1,832, ternyata thitung (4,624) > ttabel (1,832) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 57,3 %. en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing en_US
dc.subject Kemampuan Belajar Matematika en_US
dc.title Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Belajar Matematika pada Siswa SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account