Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh strategi
pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan belajar matematika
pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 ? (2) Berapa persen
pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan
belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 ?
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi
pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan belajar matematika
pada siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 ? (2) Untuk
mengetahui berapa persen pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing
terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP PAB 19
Manunggal T.P 2016/2017 ? Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan
pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest Design
dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada kelas
eksperimen dan menggunakan metode Konvensional pada kelas kontrol. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 19 Manunggal semester genap
T.P 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk
kelas eksperimen 30 siswa di kelas VIII-1 sedangkan untuk di kelas kontrol 30 siswa
di kelas VIII-2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pretest)
dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji
normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil yang diperoleh dalam
penelitian dengan menggunakan uji hipotesis (uji-t) yaitu harga thitung = 4,624 setelah
dibandingkan dengan ttabel = 1,832, ternyata thitung (4,624) > ttabel (1,832) sehingga Ha
diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh strategi pembelajaran Active
Knowledge Sharing terhadap kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII
SMP PAB 19 Manunggal T.P 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 57,3 %.