Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikat
pembelajaran dengan model pembelajaran Double Loop Problem Solving terhadap
hasil belajar matematika pada siswa SMP Megeri 3 Tanjung Balai T.P 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Balai
T.P 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas yangn berjumlah 221 orang. Sampel diambil
secara total sampling, yaitu siswa kelas VIII-4 yang berjumlah 30 siswa yang diajar
dengan model Double Loop Problem Solving. Kelas VIII-7 berjumlah 32 siswa yang
diajar dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi dan tes. Adapun hasil dari
penelitian ini yaitu Thitung DLPS = 4,709 maka diperoleh t hitung > t tabel atau
4,709 > 2,048. Dari hasil uji t tersebut, diperoleh bahwa Hipotesis diterima artinya
terdapat pengaruh yang positif signifikan Model Pembelajaran Double Loop Problem
Solving terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Tanjung Balai
T.P 2016/2017. Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving berpengaruh
terhadap hasil belajar matematika pada siswa sebesar 20,7 %.