dc.description.abstract |
Pembelajaran PAI di SD Negeri 054608 Sawit Hulu di Desa Sawit Hulu
Kecamatan Sawit Seberang Kabupaten Langkat menunjukkan adanya banyak
kendala yang salah satunya adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Skripsi ini
bertujuan untuk mengetahui metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran PAI materi Tanda baca (harakat) di Kelas II SD Negeri
054608 Sawit Hulu, Langkat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 054608 Sawit Hulu yang berjumlah 24
siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes tertulis.
Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif sekaligus.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah: a) menyusun
rencana kegiatan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi dan d) refleksi. Akhir
refleksi pada siklus kedua menunjukkan bahwa tujuan penelitian telah tercapai
sehingga penelitian dihentikan pada siklus kedua.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri 054608 Sawit Hulu, Langkat.
Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang menyatakan
bahwa pada test awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah setelah diadakan
perbaikan pada siklus I diperoleh nilai rata – rata kelas mencapai 67,5 dan tingkat
keberhasilan belajar siswa terdapat 13 orang siswa (54,17 %) dari 24 orang siswa
ketercapaian test prestasi belajar siswa sebesar 50%. Berarti secara klasikal belum
mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata – rata
kelas mencapai 86,6 dan keberhasilan belajar siswa terdapat 24 orang siswa
sebesar 100 % dari 24 orang siswa, tingkat ketercapaian test prestasi belajar
mencapai 100% secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar.
Penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai masukan agar dapat memperbaiki
metode pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri 054608
Sawit Hulu, Langkat meningkat. |
en_US |