Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Model Everyone is a Teacher
Here (ETH) dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa pada pokok
bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) di kelas IX-B Semester Ganjil SMP
Negeri 39 Medan T.P 2017/2018?. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah
model Everyone is a Teacher Here (ETH) dapat meningkatkan kemampuan belajar
matematika siswa pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) di
kelas IX-B Semester Ganjil SMP Negeri 39 Medan T.P 2017/2018. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-B SMP Negeri 39 Medan. Yang terdiri
dari 41. 14 orang siswa perempuan 27 orang siswa laki-laki yang di ajarkan dengan
Model Everyone is a Teacher Here (ETH). Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes dan observasi yang bertujuan untuk mengetahui tingkat
kemampuan belajar matematika siswa kelas IX-B SMP Negeri 39 Medan T.P
2017/2018, yang terdiri dari 5 butir soal tes dan 15 sub indicator untuk 5 indikator
observasi. Dari analisis data yang dilakukan, maka diketehui tingkat keaktifan belajar
pada bidang studi matematika terus meningkat hal ini dapat dilihat dari persentase
hasil tes. Tes awal (36,59%), siklus I (43,90%), siklus II (60,98%), dan siklus III
(80,49%). Dan dilihat dari rata-rata hasil observasi aktivitas belajar siklus I (2,77),
siklus II (2,89), dan siklus III (3,13). Kesimpulan dari penelitian ini adalah
penggunaan Model Everyone is a Teacher Here (ETH) dapat Meningkatkan
Kemampuan Belajar Matematika Siswa Kelas IX-B SMP Negeri 39 Medan T.P
2017/2018.