Research Repository

Pengaruh Penggunaan Ice Breaker Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Pantun Oleh Siswa Smp Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2019-2020

Show simple item record

dc.contributor.author Laniari, Deby
dc.date.accessioned 2020-03-01T10:04:36Z
dc.date.available 2020-03-01T10:04:36Z
dc.date.issued 2019-08-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1283
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Ice Breaker terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Pantun Oleh Siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi merupakan keseluruhan subjek penelitian”. Berdasarkan penelitian di atas, maka populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018-2019 yang terdiri dari kelas VII-2 dan kelas VII-4 berjumlah 60 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampling jenuh adalah teknik pengambilan sampel jika semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Maka, sampelnya berjumlah 60 orang. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VII-4 yang terpilih sebagai kelas ekperimen sebagai 30 orang dan kelas VII-2 yang dijadikan sebagai kelas kontrol sebanyak 30 orang. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen. Teknik penelitian ini menggunakan rumus mencari nilai rata-rata dan standar deviasi sebagai langkah-langkah dalam menghitung hasil data yang diperoleh oleh siswa, instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil pengelolaan data dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan kemampuan menyimpulkan isi pantun menggunakan teknik pembelajaran Ice Breaker berada pada tingkat baik sekali dan diketahui siswa paling banyak mendapat nilai 80-100 berjumlah 21 siswa. Nilai rata-rata sebesar 75,98 dikategorikan baik sekali, dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 66,6. Sedangkan Kemampuan menyimpulkan isi pantun yang diajarkan tanpa menggunakan ice breaker berada pada tingkat cukup dan diketahui siswa paling banyak mendapatkan nilai 56-65 berjumlah 25 siswa. Nilai rata-rata sebesar 55,52 dikategorikan cukup, denga nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40. Berdasarkan uji t-hipotesis diterima bahwa thitung > ttabel yaitu 127,8 > 1,67. Ada Pengaruh Penggunaan Ice Breaker terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Pantun Oleh Siswa SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2019-2020. en_US
dc.subject Ice Breaker en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Menyimpulkan en_US
dc.subject Pantun en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Ice Breaker Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Pantun Oleh Siswa Smp Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2019-2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account