Research Repository

Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika pada Siswa Smp Negeri 42 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Br. Nasution, Selly Artika
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:33:08Z
dc.date.available 2020-11-17T08:33:08Z
dc.date.issued 2017-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12839
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir siswa ditinjau dari ketuntasannya belajar. Pendekatan yang selama ini digunakan guru masih bersifat teacher centered memosikan siswa sebagai objek pasif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan respon serta aktivitas siswa cenderung pasif. Perlu dilakukan pemilihan atau penggunaan motode atau model yang tepat, guna untuk merubah sikap, perilaku, dan cara berpikir siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas. Disini peneliti memilih model pembelajaran Discovery Learning. Model ini lebih menekankan pada ditemukannya konsep, pada model pembelajaran ini materi yang akan disampaikan tidak disampaikan dalam bentuk final akan tetapi siswa didorong untuk mengidentifikasi, mencari informasi, dan mengorgansasi atau membentuk (konstruktif). Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa SMP Negeri 42 Medan tahun pelajaran 2016/2017, ditinjau dari ketuntasan belajar, aktivits siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-b SMP Negeri 42 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa dengan 18 siswa putra dan 17 siswa putri. Dari hasil rincian keseluruhan diperoleh untuk indikator ketuntasan belajar diperoleh skor rata-rata 87,0% dengan kriteria taraf keberhasilan ketuntasan belajar pada kategori “Efektif”. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran diperoleh skor rata-rata 71,3% dengan kriteria taraf keberhasilan aktivitas belajar pada kategori “Cukup Efektif”. Kemampuan guru mengelola pembelajaran diperoleh skor rata-rata 84,2% dengan kriteria taraf keberhasilan guru mengelola pembelajaran pada kategori “Efektif”. Dan respon belajar siswa selama proses pembelajaran diperoleh skor rata-rata 76,5% dengan kriteria taraf keberhasilan respon belajar pada kategori “Efektif”. Dari keseluruhan jumlah skor yang diperoleh didapat persentase rata-rata sebesar 79,8% maka keefektifan belajar matematika dengan model Discovery Learning berada dalam kategori efektif. en_US
dc.subject Kemampuan berpikir kritis en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Model pembelajaran Discovery Learning en_US
dc.title Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika pada Siswa Smp Negeri 42 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account