Research Repository

Efektivitas Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Apos Pada Siswa Smp Pab 9 Klambir Lima Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Feristy, Shela
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:31:43Z
dc.date.available 2020-11-17T08:31:43Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12837
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan APOS lebih baik dari pembelajaran metode konvensional terhadap pokok bahasan lingkaran T.P 2016/2017.adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 9 Klambir Lima Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 267 orang siswa yang terdiri dari enam kelas. Untuk menentukan sampel peneliti menggunakan bantuan pamong, sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas VIII-4 yang berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol, yaitu kelas VIII-5 yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen yaitu dengan membandingkan kemampuan belajar matematika dengan menggunakan pendekatan APOS pada kelas eksperimen dan metode konvensional pada kelas kontrol yang dilakukan dengan mengadakan pretest terdiri dari 5 soal untuk mengetahui kemampuan belajar matematika awal siswa dan post-test terdiri dari 5 soal untuk mengetahui kemampuan belajar matematika akhir siswa masingmasing kelas, yang masing-masing soal telah divalidkan. Instrumen dalam dalam penelitian dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri dari 10 soal dalam bentuk uraian/essay. Berdasarkan analisa data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkan pendekatan APOS, nilai rata-rata siswa meningkat dari 58,497pada pretest menjadi 88,871 pada post-test meningkat sebesar 30.374. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan hasil belajar matematika sebesar yaitu 58,250 dari pada pretest menjadi 87,562 pada post-test. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 2,25162 selanjutnya harga thitungini dibandingkan dengan harga ttabel dengan tarafsignifikan α = 0,05.Maka diperoleh ttabel= 1,997 dengan demikian dapat dikatakan thitung>ttabel yaitu 3,2651 > 1.997 maka H0 diterima dengan hipotesis yang berbunyi pendekatan APOS dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP PAB 9 Klambir Lima Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.title Efektivitas Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Apos Pada Siswa Smp Pab 9 Klambir Lima Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account