Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Course
Review Horray efektif pada pokok bahasan fungsi siswa kelas VIII SMP Al-Hidayah
tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model
pembelajaran Course Review Horray efektif terhadap hasil belajar matematika pada
siswa SMP Al-Hidayah medan tahun pelajaran 2017/2018. Popilai penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-Hidayah medan tahun pelajaran 2017/2018
yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 57 orang. Sampel yang diambil secara total
sampling, yaitu siswa kelas VIII A yang berjumlah 29 siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran Course Review Horray. Dan kelas VIII B
berjumlah 28 siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk uraian yang
telah divalidkan berjumlah 10 butir soal untuk pretest dan post test. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai pretest dan post test kelas
eksperimen berturut-turut adalah 66,7241 dan 90,6867. Sedangkan rata-rata nilai
pretest dan post test kelas kontrol berturut-turut adalah 59,8214 dan 817857. Dari
hasil perhitungan dengan menggunakan uji gain diperoleh terhadap hasil belajar kelas
eksperimen 74% dan terhadap hasil belajar kelas kontrol 55% maka terhadap hasil
belajar matematika kelas eksperimen berada pada kriteria tinggi, dan terhadap hasil
belajar matematika kelas kontrol berada pada kriteria sedang. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah model pembelajaran Course Review Horray efektif terhadap
hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.