Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa SMP Negeri 6 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Sa’id Hamidi
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:27:53Z
dc.date.available 2020-11-17T08:27:53Z
dc.date.issued 2017-02-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12828
dc.description.abstract Tujuan dalam pembelajaran yang akan dilakukan peneliti adalah: Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Intractionpada sub materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP N 6 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 dan Untuk mengetahuikeaktitifan siswa dengan diterapkannyamodel pembelajaran Aptitude Treatment Intractionpada sub materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP N 6 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: Apakah model pembelajaran Aptitude Treatment Intraction dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada sub materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP N 6 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Apakah model pembelajaran Aptitude Treatment Intraction dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada sub materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP N 6 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif (penelitian tindakan kelas) yaitu untuk mengetahui pemahaman dan keaktifan siswa dalam belajar Matematika secara klasikal. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes danlembar observasi. Tes ini diambil dari buku pelajaran matematika kelas VIIISMP N 6 Medan. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tes tertulis. Dan yang menjadi subjek penelitian adalah kelas VIII3SMP N 6 Medan yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus, yang setiap siklusnya mempunyai tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Intractionpada siswa kelas VIII SMP N 6 Medan tahun pembelajaran 2016/2017, yaitu pada Siklus I terdapat nilai rata-rata tingkat keaktifan belajar siswa sebesar 65,9, pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,3% menjadi 80,2, dan pada Siklus III mengalami peningkatan sebesar 11,0% menjadi 91,2. Terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Intraction, yaitu nilai rata-rata ketuntasan belajar kelas secara klasikal sebesar 54,7 pada kondisi awal, pada siklus I mengalami peningkatan 10,3% menjadi 65,0, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,0% menjadi 75,0 dan kemudian pada Siklus III mengalami peningkatan sebesar 14,7% menjadi 89,7. en_US
dc.subject Meningkatkan Hasil Belajar en_US
dc.subject Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa SMP Negeri 6 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account