Abstract:
Rendahnya hasil nilai belajar matematika siswa pada pelajaran matematika
merupakan permasalah yang dialami saat ini. Untuk mengatasi itu para guru dan
sekolah mengambil langkah-langkah yang salah satunya adalah memberikan
bimbingan studi disekolah dan bimbingan studi diluar sekolah bagi siswa. Penelitian
yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Air Putih ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar matematika siswa yang mengikuti bimbingan studi disekolah dan juga
bimbingan studi diluar sekolah serta melihat perbedaan antara keduanya pada T.P
2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan membandingkan
hasil belajar matematika siswa yang mengikuti bimbingan studi disekolah dan
bimbingan studi diluar sekolah pada T.P 2016/2017 yang berjumlah 70 orang siswa
sampel diambil dengan cara purposive sampling yaitu sampel yang diambil harus
sampel yang sesuai dengan tujuan yang ingin diterapkan pada siswa. Instrument yang
digunakan daam penelitian ini studi dokumentasi hasil ujian siswa per minggu
matematika kelompok sampel. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh nilai ujian
kelompok sampel yang mengikuti bimbingan studi disekolah dengan rata-rata 82,63,
standar deviasi sebesar 5,87 dengan nilai tertinggi 93 dan terendah 70, sedangkan
pada kelompok yang mengikut bmbingan studi diluar sekolah diperoleh hasil nilai
rata-rata 90,01, standar deviasi 5,99 dengan nilai tertinggi 98 dan terendah 83. Untuk
melihat apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa kedua
kelompok sampel maka dilakukan pengujian hipotesis satu pihak untuk rata-rata nilai
hasil belajar matematika siswa kedua kelompok sampel diperoleh harga thit > ttab yaitu
5,19 > 1,997 pada taraf signifikansi ɑ= 0,05 dan dk= 68. Hal ini berarti Ha yang
menyatakan bahwa Ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika yang mengikuti bimbingan studi disekolah dengan bimbingan studi diluar
sekolah dikelas VIII SMP Negeri 1 Air Putih T.P 2016/2017 dapat diterima.